Tuesday, January 23, 2007

(Te)nendang(an) Posting ?

Beberapa kali blogwalking ketempatnya Yanti , menemukan kata Merdeka. Penasaran, gw pun merambah ke wilayah tersebut, yang ternyata bernama lengkap merdeka.or.id. Dan menurut penjelasan yang tertulis disana, Merdeka adalah aggregat blog. Blog yang dirancang agar pembaca mudah mencari postingan yang benar-benar menarik perhatiannya secara singkat.

Wah menarik nih pikir gw :) apalagi pas gw baca disitu ada celotehnya Yanti. Satu persatu gw telusuri dan tak lupa mampir ke beberapa blog member Merdeka. Pas gw main ke http://andryshuzain.com/ gw menemukan postingan yang menarik yaitu Panduan Menulis Post yang (semoga) Nendang :)

Menarik ! karena meski lulusan dari jurnalistik dan pernah jadi reporter (yang jelas bukan reporter infotainment), gw merasa bahwa tulisan gw belum termasuk kategori menarik dan seperti yang dibilang Andry, nendang (ternyata bukan sepak bola aja, postingan pun perlu tendangan).

Meski gw udah kekenyangan dengan teori-teori menulis (Dasar-dasar jurnalistik, 9 elemen jurnalistik, dan panduan menulis berita dan artikel), tetap aja membuat tulisan atau postingan yang nendang bin menarik itu, susahnya mak nyus (sorry om Bondan, pinjem dulu yah jargonnya). Setiap mau menulis berita, gw musti berkutat dulu dengan segala ketebelece, sebelum akhirnya menemukan leadnya. Begitu juga dengan postingan di blog. Udah ditulis serapi jali mungkin, pakai nyontek segala ke Mr. Google, tetep aja begitu dibaca ulang, lha kok ngak nendang yah ? Gimana mo jadi headline, soft news aja biasa-biasa saja :(

So, membaca postingan Andry, disampaikan bahwa supaya nendang antara lain ; postingan harus jujur, mulai dari sekeliling, tutup postingan dengan kata tanya (katanya kalau mau banyak yang komen..he...he..), tempatkan siapapun termasuk pacar, orang tua, prt, sebagai pembaca, bercerita (pakai gaya bahasa sendiri deh), selingi humor dan ngomong yang jelas (jangan mau kalah sama anak umur 1 tahun yang baru belajar ngomong).

Trus dari buku yang kebetulan gw sering baca, karangan Wahyu Wibowo, tentang 6 langkah jitu agar tulisan makin hidup dan enak dibaca, salah satu yang gw ambil sebagai contoh adalah :
  • tulisan itu harus indah (bukan gw tentunya!) yaitu mengandung kesatuan dan keutuhan, pikiran utamanya jelas, tunduk pada kaidah dan peka.

Nah, dari dua sumber tersebut, kesimpulan gw untuk membuat tulisan atau postingan yang nendang adalah : tulisan yang ingin kita sampaikan itu harus jelas, jujur dan mengandung kesatuan dan keutuhan (ngak melebar kemana-mana). So apakah postingan itu sudah nendang ?

No comments: