Saturday, January 07, 2006



Merek Tahu dan Mie Berformalin

Berdasarkan catatan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta, 8 merek mie dan tahu ini termasuk dalam 56 dari 98 sampel makanan yang positif mengandung formalin.

Delapan merek itu adalah :
- Mie Kriting Telor Special Super Mie Ayam ZZ, Mie Bintang Terang, Bakmi Super Kriting Telor ACC, Mie Kriting Jo's Food, Mie Aneka Rasa

- Tahu Bintang Terang, Tahu Kuning Sari, dan Tahu Takwa Poo yang diproduksi Kediri.

Untuk mengelabui konsumen, produsen Tahu Kuning Sari tidak segan-segan membubuhkan tulisan di bawah kemasan dengan kata-kata "Bebas formalin dan boraks". Sementara di kemasan Tahu Takwa Poo tercantum nomorregister dari Depkes RI.

Menurut Kepala BBPOM Jakarta, Atiek Hartawati produk-produk ini bisa lolos karena waktu minta izin, barang yang diajukan tanpa formalin dan boraks. Sampel-sampel tersebut diambil dari pasar tradisional dan swalayan di sejumlah wilayah, antara lain Pasar Muarakarang, Muara Angke dan Rawamangun.

Dari 23 sampel mie basah dan kriting, 15 sampel positif mengandung formalin. Demikian juga ikan asin dari 34 sampel, sebanyak 22 sampel positif. Sedangkan tahu dari 41 sampel, 46,3 persen positif berformalin.

Bahan-bahan makanan itu dijadikan sampel dengan cara dicampur zat test kit formalin. Bahan yang mengandung formalin setelah 5 menit warnanya akan berubah menjadi ungu. Sedangkan yang tidak mengandung formalin tidak mengalami perubahan warna.(sumber : detikcom)

No comments: